Selasa, 05 Mei 2009

Breaking Dawn~Stephenie Meyer

Mungkin agak telat dibandingkan die hard fans-nya Twilight Saga, saya baru membaca Breaking Dawn bulan lalu. Dan... yah, terus terang saya kecewa dengan ending kisah cinta Bella dan Edward ini. Why so?

Saya merasa terlalu banyak poin yang dipaksakan dalam novel ini. Saya merasa novel ini ditulis oleh seorang remaja yang bercerita karena ya memang dia mau ceritanya begitu. Logika ditempel dan dikarang di sana-sini, hanya supaya ceritanya bisa jalan.

Dan menganggap resensi ini sudah ketinggalan zaman, saya akan langsung to the point saja merujuk pada bagian-bagian yang menurut saya terlalu maksa. Spoiler alert.

Bella dan Edward harus punya anak (manusia dan vampir? Ini mah bener-bener supaya yang ngarang happy aja.). Anak itu namanya harus Renesmee (dari ibu Bella, Rennee, dan ibu Edward, Esme—oh oh oh, kalo anaknya cowok, namanya E.J.--Edward Jacob... Ya ampun! Plis deh, namain anak dengan nama “mantan”?). Dan Jacob harus imprint pada anak itu (yeah, right, married sama anak cewek yang dia taksir? Hmm... jadi inget filmnya Kevin Costner sama Jennifer Aniston itu... apa judulnya? Oh iya, Rumor Has It). Saat kehadiran anak itu menimbulkan kehebohan di dunia vampir, keluarga Cullen kudu mengumpulkan berbagai vampir dari segala penjuru dunia untuk mendukung mereka... hhmm... ini remaja banget, ngumpulin semua tokoh untuk mendukung tokoh utama. Ehem, kalau setting-nya di SMA, mungkin ngumpulin semua cowok demi si tokoh utama cewek. Seru, kan? Mengingatkan saya pada film kartun jadul yang ngumpulin banyak tokoh superhero dan anak-anak mereka, kalo gak salah judulnya Defenders of the Earth. Oh ya, omong-omong superhero, Bella terus punya kekuatan super membuat tameng. Tentu saja awalnya cuma untuk menamengi dirinya sendiri, tapi lalu tiba-tiba dia bisa menamengi semua vampir. Dan di detik terakhir, saat mestinya ada perkelahian mati-matian, tiba-tiba muncul makhluk setengah manusia-setengah vampir, sejenis Renesmee... dan damai turun di Bumi. Mana berantemnya? Mana? Setelah semua konflik dan ketegangan menuju ke sana, setelah pembaca membayangkan seluruh klan Cullen berikut teman-teman mereka bakal dihapus dari muka Bumi, dan... tidak ada seujung kuku pun yang patah... aaaaaaaaaaaa... rasanya mo marah!!! At least biarkan Emmett atau Jasper atau siapa itu vampir yang baru muncul itu berantem dulu kek!!! Meskipun tentu saja pasti pembaca mengharapkan Edward atau Jacob yang berantem.

Anyway, cerita novel ini berlanjut dari bagian yang terpotong di Eclipse—pernikahan Edward dan Bella. Yang dilanjutkan dengan bulan madu mereka, yang diceritakan dengan sangat aneh. Maksud saya, c'mon pas bulan madu, dan lagi hot-hot-nya, Bella cuma diceritakan bangun pagi-pagi dengan tubuh memar-memar dan nggak ingat apa-apa kejadian malamnya? Huh? Emangnya ini adegan perkosaan? Which was itulah sudut pandang Edward, dia terlalu menyakiti Bella. Tapi ya sudahlah, apa pun yang mereka lakukan, Bella end up hamil, dan namanya anak vampir, kehamilannya abnormal. Anaknya berkembang dengan sangat cepat dan membuat tubuhnya babak belur dari dalam. Edward dan Carlisle berusaha membujuk Bella untuk aborsi, tapi tentu saja Bella nggak mau. Keinginan Bella didukung Rosalie yang sebenarnya pengin punya anak.

Di La Push, Jacob berusaha menggunakan kesepakatan bahwa werewolf tidak akan menyerang vampir kalau tidak ada manusia yang disakiti atau dibunuh untuk membuka front dengan klan Cullen. Alasannya Bella kan pasti sudah dijadikan vampir, alias dibunuh. Jacob tidak peduli kata teman-temannya bahwa Bella jadi vampir atas keinginan sendiri. Tapi saat Jacob menengok Bella di rumah keluarga Cullen, kondisinya ternyata jauh lebih mengerikan dari kematian, karena semakin hari bayi yang dikandungnya semakin membuat kondisi tubuhnya payah. Melihat kondisi gadis yang dicintainya, Jacob jadi kebingungan. Di satu sisi dia tidak ingin Bella mati, di sisi lain dia hanya ingin Bella bahagia. Masalah Jacob bertambah saat para werewolf yang tadinya tidak mau menyerang klan Cullen malah berbalik jadi agresif karena menganggap anak Bella dan Edward—yang tidak ketahuan jenis makhluk apa itu—bisa jadi ancaman baru. Jacob lalu melepaskan ikatan dengan kelompoknya. Tindakannya ini diikuti Seth dan Leah, membuat Jacob jadi punya kelompok baru.

Akhirnya anak Bella-Edward pun lahir dengan proses yang mengerikan. Edward langsung menjadikan Bella vampir untuk “menyelamatkan nyawanya”. Dan Jacob langsung tahu Renesmee adalah belahan jiwanya.

Masa indah setelah Bella mendapatkan segala yang diinginkannya—menjadi vampir dan punya anak dari Edward, plus tidak kehilangan Jacob—berlangsung singkat. Kehadiran Renesmee tercium oleh klan Volturi, polisi dunia vampir. Akibatnya klan Volturi, yang sebenarnya sudah lama iri pada klan Cullen pun bergerak untuk menumpas klan saingan ini, dengan alasan mereka punya anak vampir, sementara kehadiran anak vampir telah di-banned dari dunia pervampiran karena anak vampir tidak bisa dikontrol tindak-tanduknya.

Carlisle segera mengatur strategi. Mereka harus mengumpulkan sekutu yang mau bersaksi bahwa Renesmee bukanlah anak vampir. Renesmee masih tumbuh bak anak kecil lainnya, meskipun dengan lebih cepat. Renesmee bisa belajar dan mengontrol dirinya. Datanglah vampir-vampir dari segala penjuru dunia. Alaska, Mesir, Brazil, Rumania, dll. Selain menjadi saksi, mereka juga mempersiapkan diri untuk berperang melawan klan Volturi.

Jacob dan para werewolf tentu juga siap membantu. Apalagi setelah Jacob imprint pada Renesmee.

Sedikit twist yang menambah ketegangan tercipta saat Alice dan Jasper malah pergi meninggalkan keluarga mereka di saat genting. Anggota keluarga yang lain menganggap mereka mencari selamat, tapi ternyata di akhir cerita Alice dan Jasper yang membawa makhluk setengah vampir-setengah manusia seperti Renesmee yang menyelamatkan klan Cullen dan sekutu mereka.

Oh ya, satu lagi yang mengganggu dan lame banget. Adegan akhir, adegan happily ever after itu loh... Aduh! Dengan banyak kata forever-nya itu. Aduh!

Sebenarnya Stephenie Meyer mungkin seharusnya tidak melanjutkan Twilight. Novel pertama itu sangat kuat dan membuai. Membuat semua orang ikut tersengat listrik kisah cinta Edward dan Bella. Buku keduanya bisa dibilang payah, meskipun bagi saya porsi Jacob yang cukup besar di situ memberi nuansa yang lebih membumi bagi kisah ini. Eclipse lebih bagus dan seru daripada New Moon. Mulai dari sejarah vampirnya (hahaha... Anne Rice pasti sempet misuh-misuh kenapa nggak memikirkan sejarah vampir seperti Meyer) yang seru, sampai ke adegan cinta segitiga yang bikin geli-geli tapi mau (adegan dalam tenda itu loooh). Tapi Breaking Dawn ini... yaaaaaaaah... mungkin tepatnya membuat saya jadi heart broken ya membacanya...

Tidak ada komentar: