Kamis, 19 Februari 2009

Eiffel, Tolong!~Clio Freya

Ada beberapa buku yang membuat saya bangga terlibat dalam kelahirannya. Novel ini salah satunya. Bangganya saya itu berkaitan dengan betapa rapinya novel ini. Sebenarnya, selain untuk meluruskan beberapa titik-koma, novel ini tidak perlu editor.

Kenapa rekomendasi saya bisa begitu berbunga-bunga? Saya tidak biasa memuji, bahkan agak muak dengan novel-novel yang dipuja-puji orang. Euh, apa novel-novel itu tidak bisa "Speak for themselves"? Jadi, moga-moga puji-pujian saya ini tidak membuat yang membaca resensi ini malah jadi muak pada "Eiffel, Tolong!"

Bisa dibilang menjual kata "Eiffel", yang jadi magnet buat pembaca di mana-mana di seluruh dunia, novel ini memulai dirinya dengan judul yang tepat. Judul juga bisa mengantar pembaca kecele menduga ini novel cinta macam "Eiffel, I'm in Love". Tapi, tidak!

Bersiapkan terseret dalam dunia thriller yang seru, penuh adegan laga, dan spionase macam serial Alias, CSI, atau Mission Impossible. (Salah satu pertanyaan saya waktu bertemu pengarangnya adalah, "Kamu suka nonton Alias, ya?"--soalnya saya suka sekali serial itu.) Tokoh-tokohnya yang masih remaja--dan mengakibatkan buku ini terpaksa masuk genre teenlit--tidak mengurangi keseruan cerita. Tapi jangan bayangkan juga ceritanya jadi kayak teen spy atau seri Alex Rider-nya Horrowitz.

Anyway, adalah Fay, remaja Jakarta kelas 2 SMA yang berlibur ke Paris sendirian. Tadinya dia ke Paris karena ikut ibunya yang tugas ke sana, tapi detik terakhir tugas ibunya dipindah ke Brazil. Rencananya Fay akan ikut sekolah bahasa Prancis selama 2 minggu, lalu ikut tur selama 3 hari.

Semangat, semangat, semangat! Bagi orang yang pernah menghabiskan 3 hari di Paris, saya langsung membayangkan kegiatan Fay. Apa dia ke Eiffel, Louvre, dkk?

Salah besar, sodara-sodara! Fay ternyata terjebak dalam konspirasi bisnis dan militer mengerikan yang dijalankan oleh Andrew, konglomerat yang mau menghalalkan segala cara demi berhasilnya bisnis yang dijalankannya.

Dianggap mirip sekali dengan keponakan saingan bisnisnya yang orang Malaysia, Andrew menculik Fay dan men-trainingnya sehingga menjadi fotokopi sang keponakan. Dua minggu yang seharusnya jadi 2 minggu terindah dalam hidup Fay berubah bersimbah air mata.

Fay yang gak hobi olahraga dipaksa lari lintas alam dan push-up setiap hari. Fay yang gak pernah dandan dipaksa belajar memoles wajah dan memakai sepatu hak tinggi. Dan Andrew tidak segan-segan menerapkan hukuman fisik bila Fay menolak.

Tapi bukannya tidak ada sparks yang menyenangkan. Fay berjumpa Reno dan Ken. Ken, keponakan Andrew, menjadi mentornya. Sementara Reno adalah teman les bahasanya. Meski awal hubungannya dengan Ken suram, pemuda ini malah membuatnya merasakan sekilas summer love. Sementara Reno selalu melindunginya bak kakak.

Saat Fay sudah sempurna berubah menjadi Sheena, si gadis Malaysia, ia diterjunkan masuk ke rumah saingan bisnis Andrew. Tapi tugas yang mustahil itu akhirnya...

Wah, seru bin asyik banget membaca novel yang sangat rapi ini. Serasa nonton film! Dan... baiklah saya hentikan resensi ini sebelum lebih memuji lagi.

14 komentar:

Dewi mengatakan...

Jadi pengen baca...

machrani mengatakan...

aku udah baca, keren deh. namanya bukannya Kent yaaa? kelanjutannya kapan sih?

yumico mengatakan...

bgus banget... kak... minta alamat email/FS/Fb dung... lanjutan eifeel tolong kluarnya kpn yawh??

Donna mengatakan...

Eh, iya, maap, namanya emang Kent. Pake T... hehehe... Kelanjutannya udah ada tuh, lagi direvisi sama pengarangnya. Moga-moga aja revisinya cepet yaaa...

M.T. mengatakan...

Hai,
setelah cari review2 di internet,
akhirnya hari ini aku slesai juga baca nvelnya. Sempet ragu juga sih, dari cover & sinopsisnya yg kurang mendukung. Tapi two thumbs up! Sayang pnulisnya gak kasih emailnya bwat titip komen ((titip pujian disini aja d disini =))
Smoga aja lanjutannya cepet terbit....dengan cover yg lebih menarik juga ^^-

sweetvanila05 mengatakan...

kok lanjutannya blom ada yaah??
hahaha.. jd penasaran

Ivoryne mengatakan...

haa... g demen bgd mlah ma ni novel..
bcanya rda telat sih, ud kluar lama bru bli... tpi gpapa lh...
g demen bgd ma tkoh andrew mcgallaghanny..
duh.. pgen bgd dh send email k [penulisny.. haha.
tpi lnjutanny yg k 3 lma bgd kluarny.. huuu

Nurul McGallaghan mengatakan...

woaaa saya dah baca novelny,, yang Paris to Eternity juga dah baca,, sumpah yaa keren banget deh two tumbs up buat clio b^^d, baca saya teenlit kek gini
gag sabar pend baca buku yang ketigany ^O^

heddy sakita mengatakan...

hai,aku udah baca eiffel tolong,terus juga udah baca lanjutannya yang from paris to eternity,aku mau nanya nih,disitu kan ditulis ada lanjutannya lagi,kalo bolhe tau nih ya,judulnya apa ya? hehe biar nanti aku nyarinya gampang di gramedia :)

indah mengatakan...

apa jdul kelanjuatn from paris to eternity?? udah mati penasaran nehh nunggu nya.. kasi tau donk jdul nya ap??? please..

indah mengatakan...

jdul kelanjutan from paris to ternity ap??? kasi tau donk.. udah mati penasaran nehh..

fransiska mengatakan...

aku udah baca yg ini sama novel keduanya, from paris to eternity. lebih seru novel kedua :)

kisah sepintas tentang gue :') mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
amalia's story mengatakan...

hello! buku yang ketiganya apa ya judulnya? aku aja belum baca yang ke dua tapi baru mau beli, wah kayanya aku telat banget ya -___- sumpah seru banget yang pertama. penasaran banget deh yang kedua dan ketiga, lumayan kan buat tugas sekolah :p