Jumat, 23 April 2010

Family Traveler~Agnes Tri Harjaningrum

Ini dia buku yang pas banget buat saya! Pas karena isinya info-info soal traveling di Eropa dan lebih pas lagi karena banyak tips tentang gimana mengajak balita traveling. Gaya bertuturnya pun enak dibaca. Highly recomended buat orangtua yang pengin ngajak jalan-jalan anaknya.

Tips-tips yang dibagi Bunda Agnes dalam buku ini sebenarnya dia sontek juga dari buku lain yang pernah dia baca, tapi yang patut dicontoh adalah kegigihan dan kreatifitasnya menerapkan isi buku-buku yang dia baca itu dalam kehidupan sehari-hari dan kehidupan jalan-jalannya. Jujur aja, sebagai seorang pembaca kelas kakap saya melahap sekitar seratus buku setiap tahun (angka agak menurun sejak punya anak), dan setelah punya anak bacaan tentu bergeser juga pada topik-topik bagaimana membesarkan anak dengan baik, menu makan anak, permainan anak, strategi parenting, dll. Tapi... seberapa persen dari hasil bacaan itu yang saya praktikkan saat mengasuh anak? Hmm... begitu menghadapi dunia nyata, teori-teori yang sebenarnya membantu itu langsung lenyap semua! Sementara Bunda Agnes rupanya cukup keukeuh untuk mempraktikkan apa yang dia baca. Hasilnya seperti yang dia tuturkan dalam buku ini, rupanya sangat membantu dalam menciptakan keceriaan dalam keluarganya.

Misalnya beberapa minggu sebelum bepergian Bunda Agnes sudah mengondisikan anak-anaknya untuk membangun antusiasme akan tempat yang akan mereka datangi dengan cara mencari informasi tentang lokasi, membuat games tentang tempat tersebut, sampai merapikan koper. Anak-anak belajar, mengembangkan imajinasi, sekaligus bersenang-senang. Begitu sampai di tujuan, anak-anak diberi games juga, sehingga tidak keberatan mengunjungi tempat-tempat yang sebenarnya belum tentu menarik bagi anak usia balita. Saat terjepit, misalnya anak lapar atau harus bepergian pada jam yang tidak pas, Bunda Agnes juga bisa kreatif menciptakan bujukan-bujukan bagi anak-anaknya. Sesuatu yang bisa disontek saat mengajak jalan balita.

Kalau ternyata tidak bisa bepergian ke luar kota, Bunda Agnes juga kreatif menciptakan "coach traveling" bagi anak-anaknya. Misalnya dengan main sekolah-sekolahan, atau main mengarang cerita. Keakraban keluarga pun makin terjalin.

Selain memuat banyak tips yang bisa disontek bagi para orangtua yang ingin mengajak jalan-jalan anaknya, buku ini juga memuat tips-tips praktis misalnya cara booking hotel atau tiket, atau cara menghindari copet. Tapi yang saya rasa paling penting disimak adalah, jangan putus asa jadi orangtua, be creative, dan... (bagi para pembaca) jangan ragu untuk mempraktikkan bacaan atau informasi yang kita gali dari berbagai sumber!

Tidak ada komentar: